Novel Burung-burung Cahaya kembali Diangkat jadi Skripsi

Ini kali kedua novel burung-burung Cahya diangkat untuk bahan skripsi. Setelah sebelumnya mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIN sunan Kalijaga menggarap skripsi tentang pendidikan karakter dalam novel burung-burung cahaya, kali ini giliran Mahasiswa bernama Awalludin Unbara Sulawesi Selatan menggarapnya dengan judul: SIKAP TOKOH TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT DALAM NOVEL BURUNG-BURUNG CAHAYA KARYA JUSUF AN: SEBUAH ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA. Penulisnya adalah .
Berikut adalah abstrak dari skripsi mas Awaludin. 
Abstract
            This study was conducted to answer the question of how public attitudes toward life character in the novel The Birds Light AN Jusuf work: a psychological analysis of literature? The purpose of this study to describe the attitude towards life of the community leaders in the novel The Birds Light works Jusuf AN: an analysis of the psychology literature. The method used in this study are structural methods. Techniques used in data collection is library research techniques. Techniques used in analyzing the data is analysis techniques work of fiction.
The approach used in this study is the psychological approach. Sources of data in this study is novel Birds Jusuf AN Light works, published by Sabil, Yogyakarta, in 2009, which consists of 466 pages. Of the whole story is contained in the Light Novel Birds AN Jusuf the work, basically tells the story of real life is wrapped with various themes of life.
Based on the analysis of data and discussion of the novel The birds light work of Joseph AN, there is an element of attitude that includes attitudes related to the cognitive component, affective, and conative.

Key Words: Character’s Attitude, community life, Psychology of Literature
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimanakah sikap tokoh terhadap kehidupan masyarakat dalam novel Burung-burung Cahaya karya Jusuf AN: sebuah analisis psikologi sastra? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sikap tokoh terhadap kehidupan masyarakat dalam novel Burung-burung Cahaya karya Jusuf AN: sebuah analisis psikologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode struktural. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik studi pustaka. Teknik yang digunakan dalam penganalisisan data adalah teknik analisis karya fiksi.
            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Burung-burung Cahaya  karya Jusuf AN, diterbitkan oleh penerbit Sabil, Yogyakarta, tahun 2011, yang terdiri dari 466 halaman. Dari keseluruhan kisah yang terdapat dalam Novel Burung-burung Cahaya karya Jusuf AN tersebut, pada dasarnya menceritakan tentang kehidupan nyata yang dibalut dengan beragam tema kehidupan.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan terhadap novel Burung-burung Cahaya karya Jusuf AN, terdapat unsur sikap yang meliputi sikap yang berkaitan dengan komponen kognitif, afektif, dan konatif.
Kata Kunci:  Sikap tokoh, Kehidupan masyarakat, Psikologi Sastra

sumber: http://lentera-fkip.blogspot.com/2014/04/sikap-tokoh-terhadap-kehidupan.html

0 Response to "Novel Burung-burung Cahaya kembali Diangkat jadi Skripsi"